Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang menembus angka Rp14.000, belum membawa dampak kenaikan harga sejumlah bahan bangunan yang dijual di toko-toko bangunan di Kabupaten Sidoarjo.

"Melemahnya nilai tukar rupiah belum berpengaruh terhadap harga bahan bangunan yang dijual di pasaran saat ini, termasuk bahan bangunan yang dijual di toko Dualima.
Saat ini malah ada fenomena menarik, yakni harga bahan bangunan terutama besi dan semen yang tidak mengalami kenaikan, bahkan cenderung turun ditengah melemahnya nilai rupiah.
Padahal dua elemen utama dalam setiap proyek pembangunan tersebut biasanya mengalami kenaikan ketika nilai tukar dolar naik seperti pada saat krisis moneter di tahun 1998.

"Fenomena ini cukup menarik ketika nilai tukar dolar menguat, tetapi semen dan besi tidak ikut naik sehingga harga bahan bangunan yang dijual di pasaran masih terjangkau,

Memang beberapa waktu lalu ada sejumlah agen/distributor yang mengatakan bahwa akan ada kenaikan harga pada bulan Juli tahun 2015 lalu, tetapi sampai akhir Oktober ini, harga bahan masih tetap normal bahkan ada yang turun.
Sebagai contoh, harga semen gresik yang biasa dijual dengan harga Rp67.000/zak, Saat ini hanya dijual dengan harga Rp65.000/zak.

Sedangkan besi dengan kualitas baik berukuran 12 milimeter yang biasa jual dengan harga Rp99.000 /stap, saat ini hanya dijual dengan harga Rp95.000 untuk satu stapnya.

"Diharapkan keadaan harga seperti saat ini akan terus bertahan dan tidak ada kenaikan, dan kurs rupiah pun akan kembali normal, sehingga tidak akan berdampak terhadap menurunnya daya beli masyarakat karena adanya kenaikan.



Kami membantu anda dalam perancangan desain bangunan sesuai dengan kainginan dan selera anda.Untuk pemesanan Anda dapat menghubungi kami melalui telepon/sms:

Hp         : 085101728448 atau
Email     : yneb76@gmail.com
Data yang kami perlukan dalam perancangan desain meliputi :
                 1.Gambar layout lahan (panjang x lebar)
                 2.Daftar ruangan yang di inginkan
                 3.Arah Utara- Selatan lahan
                 4.Posisi lahan terhadap jalan akses
                 5.Bila perlu di lampirkan foto lahan
  6.Untuk Renovasi supaya melampirkan foto bangunan existing,denah ruang beserta ukurannya
                 7.Bila perlu lampirkan sketsa denah rumah yang anda inginkan
  Gambar bestek standar kami meliputi : Denah,Tampak Depan,Tampak samping,Tampak                 Belakang,Potongan,Rencana Pondasi,Rencana Atap,Rencana Titik Lampu,Rencana          Utilitas,Detail Kusen,Detail Canopy)
Cara perhitungan Biaya : Luas bangunan x biaya satuan
Contoh : Luas bangunan anda 36m2,maka biaya untuk perancangan sebesar  36 x 10000,- =Rp.360000,-(tiga ratus enam pulu ribu rupiah).

Untuk pembayaran dapat dengan DP sebesar 50% sisanya setelah gambar selesai.


0 komentar to "Dampak dolar terhadap harga bangunan"

Posting Komentar